BERKAH JAYA ABADI : Telp / WA 0819-0613-1487 Cara mengetahui penyebab kendaraan / mobil ngebul asap putih dan hitam

Cara mengetahui penyebab kendaraan / mobil ngebul asap putih dan hitam

assalamualaikum Wr,Wb. 
Selamat pagi dan selamat beraktifitas.
Pada kesempatan kali ini kami Bengkel Specialist korea Berkah Jaya Abadi ingin memberi informasi yang mungkin bergunan bagi semua pengguna mobil korea maupun non korea

Banyak kalangan masyarakat pengguna mobil Korea / Jepang seperti : Trajet,Getz,Verna,Acent,Matrix,Atoz,Santafe,i10,120,H-1,Avega,Visto,Carens,Carnival/Sedona bensin,Picanto,Sportage,Shuma,Timor,DLL mengalami asap putih / hitam ngebul pada kenalpot mobil, Hal tersebut menjadi semua kalangan masyarakat pengguna mobil menjadi pusing memikirkannya. pastinya....

Penyebab asap ngebul dari knalpot mobil ada beberapa macam, ada asap yang berwarna putih dan ada juga yang berwarna hitam.
Baik asap berwarna putih maupun berwarna hitam mengindikasikan bahwa mesin mengalami gangguan, misalnya knalpot mobil mengeluarkan asap berwarna putih, karerena penyebab menunjukkan bahwa dalam proses pembakaran di ruang pembakaran terdapat minyak / oli yang ikut terbakar.
Hal tersebut biasanya disebabkan oleh adanya oli yang merembes melalui celah-celah antara piston dan ring piston.
Tetapi tidak menutupkemungkinan bisa juga oli melewati celah seal yang sudah haus ( rusak ), untuk itulah analisa pertama  penyebab asap putih dari knalpot mobil yang disebabkan oleh dua komponen tersebut.
biasanya jika kerusakan yang disebabkan oleh dua komponen tersebut kita pasti akan bisa merasakan bahwa performa mesin akan menjadi tidak enak alias turun drastis.

Sedangkan penyebab asap knalpot pada mobil berwarna hitam adalah, adanya bahan bakar yang tidak terbakar, sehingga knalpot mobil mengeluarkan asap berwarna hitam.
pada mobil tersebut bisa disebabkan karena tidak terjadinya pembakaran pada ruang bakar secara sempurna, atau bahkan bisa juga disebabkan oleh salah satu busi yang mati.
mesin mobil dengan silinder lebih dari satu, jika salah satu mati maka mobil masih akan bisa hidup dan jalan karena masih ada silinder lainnya.
tetapi akibat dengan tidak adanya pembakaran pada salah satu silinder, maka bahan bakar yang masuk keruang pembakaran tidak terbakar dengan sempurna sehingga akan menyababkan knalpot mengeluarka asap hitam yang menyengat.
Kami Berkah Jaya Abadi siap untuk perbaikan hal tersebut.