BERKAH JAYA ABADI : Telp / WA 0819-0613-1487 Cara Merawat As roda dengan baik agar lebih hemat...

Cara Merawat As roda dengan baik agar lebih hemat...


Assalammu Alaikum wr wb. pada pagi hari ini kami Berkah jaya abadi akan menulis sebuah artikel tentang salah satu perawatan mobil pada bagian : kaki-kaki khususnya pada pengerak roda yang sering disebut dengan As roda. ada beberapa penyebab as roda menjadi rusak antara lain :

1.Terkena benturan / tabrakan
2.Terkena Trotoar jalan
3.Kurang Perawatan

           Untuk item no.1 dan 2 ini berupa accident dan jarang terjadi pada umumnya semua orang akan sangat berhati-hati dalam mengendarai mobil, dalam hal ini yang sering terjadi kerusakan pada as penggerak roda adalah karena kurang nya perawatan atau di karenakan tidak tahu bagaimana cara merawat As roda dengan baik, karena apabila as penggerak roda depan tidak dirawat dengan baik akan menyebabkan kerusakan yang cukup serius,dan akan mengeluarkan biaya yang cukup banyak oleh karena itu sangatlah penting untuk mengetahui,cara merawat as penggerak roda depan dengan baik sehingga kita akan lebih hemat dari segi biaya.

Cara merawat as penggerak roda depan adalah :

1. sempatkanlah secara berkala untuk melihat kondisi karet boot as roda jangan sampai pecah/sobek seperti gambar di atas.minimal 3 bulan sekali jangan sampai lupa untuk mengecheck kondisi karet boot as roda kanan dan kiri.
           Manfaatnya : dengan menjaga karet boot as roda dalam keadaan utuh maka pelumas yang ada dalam karet boot tidak akan keluar,sehingga bagian2 yang perlu dilumasi tidak cepat aus,karena kalau sampai aus akan menyebabkan bunyi kletek-kletek pada saat belok,jika dibiarkan lama kelamaan as roda akan selip dan roda tidak dapat berputar.

2.Gantilah karet As roda yang sudah retak karena termakan usia agar karet boot as roda tidak pecah / sobek secara tiba2 ketika di dalam perjalanan karena jika sampai pecah makan pelumas akan keluar semua terutama pada saat mobil melaju dengan kencang,sehingga terjadi ke ausan.karena kalau sudah terjadi ke ausan tidak dapat diperbaiki lagi kecuali dengan mengganti yang baru.

3.gantilah pelumas yang ada pada boot as roda pada bagian luar atau pun pelumas as roda pada bagian dalam,di sarankan setiap 20.000 km. karena pelumas tersebut sudah cukup lelah sehingga menjadi encer,oleh karena itu perlu sekali mengganti pelumas agar kepala as roda bagian dalam atau pun luar mendapatkan pelumasan secara sempurna dan sehingga usia pemakaian bisa lebih panjang,bahkan bisa bertahun-tahun.

sebagai gambaran biaya sejauh mana kita dapat berhemat bisa di simak di bawah ini :

1.Boot/karet as roda           rp.65.000  sd  rp.125.000
2.pelumas kepala as roda rp.25.000/tube
3.jasa rp.85.000/roda

jika di bandingkan dengan mengganti kepala as roda bagian dalam atau luar sangatlah jauh perbedaan biaya yang harus kita keluarkan.

untuk info lebih lanjut silakan menghubungi kami di :

Berkah Jaya Abadi
Bengkel Specialiast & Suku Cadang 
Hyundai Kia Timor

Jl.menjangan .sawah lama . Ciputat
( 500 mtr dari pintu tol Bintaro )

Telp: 021-92662496 atau 021-93239192
         081906131487
pin BB 25E1B09E
www.bengkelhyundaikia.blogspot.com